Halaman

Minggu, 11 Oktober 2020

IKLAN MEDIA CETAK DAN MEDIA ELEKTRONIK

       Iklan adalah suatu berita/pesan/informasi yang isinya membujuk orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disebarluaskan melalui media cetak dan media elektronik. 
1. Iklan media cetak 
       Iklan media cetak adalah iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak. Beberapa bentuk iklan media cetak, diantaranya surat kabar, majalah, tabloid, baliho, poster dan stiker. Iklan media cetak menggunakan aneka gambar dengan warna cerah dan kata kata yang menarik.
Iklan media cetak memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Berupa iklan tertulis.
b. Iklan dapat disimpan dan dibaca kapan saja.
c. Kalimat yang digunakan bisa lebih panjang/terperinci jika dibandingkan dengan iklan media elektronik.
       Hal yang harus diperhatikan dalam iklan media cetak yaitu kalimat yang sederhana, mudah dipahami, dan gambar yang menarik.

2. Iklan media Elektronik
       Iklan media elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Iklan media elektronik dapat berupa iklan di radio, televisi, dan internet. Secara umum iklan media elektronik memiliki karakteristik sebagai berikut.
a. Berupa iklan tidak tertulis.
b. Iklan hanya sekilas dan berlangsung saat itu saja.
c. Kalimat yang digunakan lebih singkat, padat dan jelas.

Tugas!
Buat rangkuman dibuku tulismu tentang materi iklan di atas, dan buatlah sebuah iklan media cetak tentang manfaat makanan tradisional. Silahkan anak anak bebas berkreasi tidak harus sama persis dengan contoh. Iklan dibuat di buku gambar.
Contoh iklan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar