Halaman

Minggu, 18 Oktober 2020

IKLAN

A. Ciri-ciri Bahasa Iklan
       Sebuah iklan harus dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas dalam membuat iklan. Salah satunya, dengan membuat kata-kata yang menarik dalam iklan. Berikut ciri-ciri bahasa dalam iklan.
1. Bahasanya sederhana dan mudah dimengerti.
2. Menggunakan kata-kata yang menarik.
3. Menggunakan bahasa yang tidak membosankan.
4. Setiap kata dan kalimat dalam iklan berisi kelebihan produk yang ditawarkan.
5. Bahasa dalam iklan bersifat persuasif, artinya membujuk secara halus.

B. Merancang Iklan Elektronik Layanan Masyarakat
       Iklan merupakan sarana komunikasi yang digunakan perusahaan atau produsen untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa kepada publik. Fungsi iklan adalah menginformasikan kepada konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan segala informasi yang berhubungan dengannya. Semua iklan dibuat dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memberi informasi dan membujuk para calon konsumen untuk mencoba atau mengikuti apa yang ada di iklan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan diantaranya sebagai berikut.
1. Kalimatnya singkat dan jelas.
2. Bahasanya mudah dipahami dan menarik.
3. Tulisan dan gambarnya menarik.
       
       Naskah iklan elektronik dapat dibuat stroryboard, yaitu sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Stroryboard membantu kita menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan lebih mudah.

C. Iklan Layanan Masyarakat
       Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus dihadapi, yakni kondisi yang bisa mengganggu keselarasan dan kehidupan masyarakat umum. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan iklan di depan orang banyak di antaranya sebagai berikut.
1. Berbicara dengan suara yang keras dan lantang.
2. Menggunakan artikulasi yang jelas dan tidak menggumam.
3. Menggunakan perlengkapan pendukung iklan.
4. Menjadikan sketsa gambar sesuai naskah sebagai pedoman berakting.
5. Hafal dengan naskah yang akan dibawakan.
6. Melakukan kontak mata dengan penonton.
7. Tidak menghalangi pandangan penonton.
8. Tampil penuh percaya diri.


Tugas!
1. Baca dan pahami materi di atas.
2. Kerjakan LKS halaman 96-97 (bahasa Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar