Halaman

Selasa, 05 Januari 2021

BAHASA INDONESIA: PUISI

PUISI

       Selamat pagi anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang puisi. Sudah tahukah kalian apa itu puisi? Supaya lebih jelas perhatikan dengan seksama ya penjelasan berikut ini. ^^


Bacalah teks berikut ini! 
                 Cita-Citaku
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku

       Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut
puisi. Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang
disebut bait puisi. 

       Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal 
setiap kata terakhir pada setiap baris puisi! 

Perhatikan contoh berikut!

Suara indah alat musik ---------------------------- i
Alunannya tenang mendayu -------------------- u
Seakan selalu berbisik ----------------------------- i
Aku selalu ada untukmu ------------------------- u

Aku suka alat musik itu --------------------------- u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya ---------- a
Inilah cita-citaku ----------------------------------- u
Menjadi pemain biola ----------------------------- a

Langkah-langkah kujalani ------------------------ i
Semua cobaan kulewati --------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan --------- a
Semua akan kuperjuangkan -------------------- a



Tahukah Kamu??

       Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. Ada jenis puisi yang 
memiliki rima teratur, misalnya
a
i
a
i
atau lebih dikenal dengan a–b–a–b

       Rima tersebut biasa terdapat pada jenis puisi lama, seperti pantun. Pantun 
adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris dengan rima akhir 
a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata. 


TUGAS!
1. Buatlah rangkuman tentang materi puisi di atas.
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tentang puisi berjudul "hidupku penuh warna" dan tulis jawabanmu di buku tulis.

*Selamat belajar dan tetap semangat" ^^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar