Halaman

Rabu, 22 Juli 2020

BATIK KAWUNG

Batik memiliki banyak sekali motif dari penjuru nusantara. Masing-masing memiliki makna untuk nantinya selalu dikenang dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Salah satu motif batik yang ada di Yogyakarta adalah batik Kawung.

Batik Kawung merupakan motif batik tertua di Indoensia dan yang pernah ada, yaitu sejak abad ke 9. Batik Kawung berasal dari Yogjakarta. Motif batik kawung mulai berkembang pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke-18. Batik Kawung memiliki beberapa makna diantaranya, pengendalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa adanya keinginan untuk ria, dan masih banyak lagi hal-hal yang baik. Nama dan motif batik Kawung diambil dari 2 sumber, yaitu berasal dari nama serangga Kwangwung dan yang kedua adalah buah kolang-kaling. Motif batik Kawung sangat disukai oleh kalangan keraton Yogyakarta, dan juga motif Kawung termasuk kedalam beberapa motif larangan Keraton, dimana dulu hanya boleh digunakan oleh kalangan kerajaan saja.

Batik adalah salah satu kebanggaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita untuk selalu mengembangkan kebudayaan batik. Tidak hanya memakai atau mempromosikan, tetapi kita juga harus mendalami makna dari batik itu sendiri.



Tugas:

Gambar dan warnailah motif batik Kawung di buku gambarmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar