Halaman

Jumat, 14 Agustus 2020

INDONESIA SEBAGAI NEGARA KEPULAUAN DAN NEGARA MARITIM

       Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan menyimpan potensi yang besar dalam berbagai bidang, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan transportasi. Potensi-potensi tersebut dapat menjadi modal yang penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
       Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya di satukan oleh laut, yang mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Masing-masing pulau memiliki karakteristik masing-masing, mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial-budayanya.

A. PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT
       Kondisi geografis sebagai negara maritim dan kepulauan membawa banyak keuntungan bagi bangsa Indonesia. Wilayah laut Indonesia yang sangat luas telah diakui secara internasional sebagai negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS pada tahun 1982. Hal ini berarti bangsa Indonesia diberi kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut.
       Cakupan wilayah yang sangat besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati maupun non-hayati. Sumber daya alam laut tersebut antara lain ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, bahan mineral, dan juga tranportasi antarpulau. Semua potensi alam tersebut tersedia dalam jumlah yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
       Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan potensi sumber daya laut ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya memberikan kesejahteraan bangsa.
       Kelompok masyarakat yang dapat merasakan laangsung potensi kekayaan laut ini adalah masyarakat yang berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

B. PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT
       Wilayah Indonesia terletak di antara Benua Australia dan benua Asia. Posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Pedagang-pedagang dunia akan melewati Indonesia selama melakukan kegiatan perdagangan. Oleh karena itu, Indonesia dikatakan memiliki letak yang strategis.
       Pedagang dari berbagai negara yang melewati Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mereka membawa adat atau budaya dari negara asal masing-masing. Sebagian dari mereka menetap di Indonesia. Lambat laun, adat budaya yang mereka bawa berbaur dengan adat asli Indonesia.
❇️ Dampak letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim terhadap kehidupan sosial masyarakat.
1. Komunikasi dan interaksi antar penduduk menjadi lebih mudah.
2. Terjadi pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulaudan antarnegara.
3. Muncul perkampungan-perkampungan etnis tertentu.
4. Terjadi perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan perilaku dari pulau, maupun negara lain.
5. Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.

C.PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM TERHADAP BUDAYA MASYARAKAT
       Ciri keragaman budaya Indonesia dapat dilihat dari hal-hal berikut.
1. Keragaman Suku Bangsa
       Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap suku bangsa memiliki kebiasaan dan cara hidup yang berbeda.
2. Keragaman Bahasa
       Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah sendiri-sendiri. Biasanya bahasa daerah digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga atau orang yang berasal dari satu daerah. Untuk berkomunikasi dengan ora suku lain, digunakan bahasa Indonesia.
3. Keberagaman Religi
       Indonesia memiliki keragaman agama, terdapat 6 agama yang diakui secara resmi, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.
4. Keberagaman Seni dan Budaya
       Suku bangsa yang beragam di Indonesia menghasilkan kebudayaan yang beragam. Salah satu wujudnya adalah kesenian, baik seni sastra, seni tari, seni musik, seni drama, dan seni rupa.

D. PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM TERHADAP TRANSPORTASI MASYARAKAT
       Kondisi Indonesia sebagai negara maritim/kepulauan sangat mempengaruhi kondisi transportasi yang ada. Ada beberapa jalur transportasi mulai dari jalur laut, jalur udara, dan jalur darat. Semua jalur transportasi juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung seperti, pelabuhan, bandara dan terminal.


TUGAS!
Kerjakan LKS hlm 101 dan buku paket hlm 146 di buku tugasmu. 

Semangat Belajar ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar