Halaman

Jumat, 07 Agustus 2020

PEMBELAJARAN IPS KD 3.1 DAN 4.1

A. KARAKTERISTIK GEOGRAFIS INDONESIA

       Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki sekitar 13.466 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah penduduk sekitar 254 juta jiwa. Masing-masing pulau atau wilayah memiliki beragam suku, adat, budaya, ras, agama dan golongan. Dari sekian banyak penduduk juga terdiri atas beragam latar belakang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

B. KENAMPAKAN ALAM DAN IKLIM DI INDONESIA

1. KENAMPAKAN ALAM WILAYAH DI INDONESIA
       Pernahkan kamu melihat sawah? Dan pernahkah kalian melihat gunung? Tahukan kamu, apa perbedaan sawah dan gunung? Perbedaannya adalah salah satu dari sawah dan gunung adalah kenampakan buatan, sedangkan satunya adalah kenampakan alam. Manakah yang merupakan ketampakan alam menurutmu??
       Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kenampakan buatan dan kenampakan alam?
Kenampakan alam merupakan kenampakan atau lingkungan yang terbentuk secara alami dibuat oleh Tuhan.  Kenampakan buatan adalah kenampakan atau lingkungan yang dibuat oleh manusia. 
       Kenampakan alam di Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Mulai dari gunung dan pegunungan, dataran, pantai dan laut, tanjung, bukit, lembah, Padang rumput, danau, sungai, dan rawa. Bentang alam di Indonesia sangat bervariasi. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik yang membedakan dengan wilayah lain di Indonesia. 

2. IKLIM DI INDONESIA
       Bentang alam di wilayah Indonesia tidak terlepas dari keadaan iklim di Indonesia. Iklim adalah rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama. Adapun cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, dan sinar matahari pada waktu pendek dan tempat tertentu.
       Letak astronomis Indonesia berada di wilayah tropis membuat Indonesia beriklim tropis. Ciri-ciri iklim tropis:
a. Suhu udara tinggi sepanjang tahun, dengan rata-rata tidak kurang dari 18°C, yaitu sekitar 27°C.
b. Terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tidak ada perbedaan suhu yang jauh antara musim hujan dan kemarau.
c. Siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.
d. Baca LKS hlm 54.

Keadaan iklim di Indonesia secara umum sebagai berikut.
       Keadaan iklim di Indonesia meliputi iklim musim (iklim musim), iklim tropika (iklim panas), dan iklim laut.

a. Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan sekali.

b. Iklim laut, terjadi karena Indonesia meemiliki wilayah laut yang luas. Iklim Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut dan lautan. Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi.

c. Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.

TUGAS!
Kerjakan LKS hlm 69 dan buatlah rangkuman buku paket hlm 98-100.

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar