Halaman

Minggu, 02 Agustus 2020

MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Mudah-mudahan sehat semua ya. ^^

Minggu lalu kita sudah belajar bagaimana cara Menentukan Ide Pokok, nah supaya anak-anak lebih paham lagi tentang ide pokok hari ini kita akan belajar lagi tentang bagaimana Menentukan Ide Pokok Paragraf.

Dibaca materinya dengan seksama ya, dan jangan lupa untuk sering berlatih. ^^

MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF
       Pada saat membaca bacaan, kalian harus menemukan ide pokok yang terdapat pada tiap-tiap paragraf. Satu paragraf memiliki satu ide pokok. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Dengan kata lain, ide pokok adalah inti dari informasi yang kita peroleh dari sebuah paragraf. 
       Ide pokok dapat dirumuskan dari kalimat utama. Kalimat utama paragraf dapat terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini!

Paragraf:
       Kerusakan terumbu karang disebabkan oleh faktor alam dan ulah manusia. Faktor alam, misalnya gempa bumi, pemanasan global, dan penyakit. Ulah manusia, misalnya penangkapan ikan dengan cara diracun dan bahan peledak, pengambilan karang untuk kerajinan, serta sedimentasi dan sampah dari muara sungai.

Kalimat utama:
Kerusakan terumbu karang disebabkan oleh faktor alam dan ulah manusia.

Ide Pokok:
Rusaknya terumbu karang dapat disebabkan oleh faktor alam maupun ulah manusia.


Paragraf:
       Tulang merupakan bagian yang penting pada tubuh. Keberadaan tulang sangat menunjang aktivitas kita sehari-hari. Tubuh kita bisa bergerak karena adanya kerja sama antara tulang dan otot.

Kalimat utama:
Tulang merupakan bagian yang penting pada tubuh.

Ide Pokok:
Tulang termasuk bagian penting tubuh.



TUGAS!
1. Buatlah rangkuman dari materi di atas.
2. Mencari sebuah paragraf di buku/internet dan tentukan ide pokoknya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar