Halaman

Jumat, 18 September 2020

PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

       Kegiatan ekonomi adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan ekonomi yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Apabila satu kegiatan ekonomi terhambat, kegiatan ekonomi lainnya pun akan terhambat.

1. Produksi
       Kegiatan produksi adalah kegiatan menambah nilai guna suatu barang atau menghasilkan barang baru dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Orang yang melakukan produksi disebut produsen.
Contoh: Produksi Kain Lurik di Krapyak Wetan.

2. Distribusi
       Distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Dalam kegiatan distribusi, dibutuhkan sarana transportasi yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai ke konsumen dengan cepat dan tepat.
Contoh: Mengantarkan kain lurik hasil produksi ke grosir untuk dijual.

3. Konsumsi
       Konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau menghabiskan barang dan jasa. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu seperti mengeluarkan uang, tenaga, ataupun waktu.
Contoh: Berbelanja baju di toko grosir.


Tugas!
Buatlah rangkuman dibuku catatanmu. Dan kerjakan LKS hlm 71-72

1 komentar: